Jakarta: Erupsi Gunung Anak Krakatau masih terus berlangsung menyemburkan material abu vulkanik. Masyarakat di sekitar Cilegon dan Serang diimbau menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrogho menyampaikan, saat ini angin lebih dominan bertiup ke arah barat daya. Pada ketinggian tertentu angin bertiup ke arah timur sehingga dikhawatirkan membawa material abu vulkanik ke wilayah Cilegon dan Serang  

"Untuk itu dihimbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Tetap berada di dalam rumah. Jika berada di luar rumah sebaiknya memakai masker agar tidak mengganggu pernapasan dan pakai kacamata agar tidak kelilipan di mata," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 26 Desember 2018.

Sutopo bilang, hujan abu vulkanik mulai turun ke kawasan Cilegon dan Serang. Hal ini terlihat dari material abu yang menempel di permukaan tanah dan kendaraan warga.

"Di Cilegon dan sebagian Serang terjadi hujan abu dan pasir tipis. Abu terlihat di permukaan mobil yang diparkir dan permukaan tanah," ujarnya.

Sementara, hingga saat ini status Gunung Anak Krakatau masih Waspada (Level 2). Sesuai rekomendasi PVMBG, daerah berbahaya berada dalam radius 2 kilometer di puncak kawah.

(HUS)
Musik Ilustrasi :
Oleh : Metro TV
Sumber : Link Sumber

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR

Lebih baru Lebih lama