Judul yang aneh. Tapi ini datang dari pengalaman saya dulu. Waktu kelas 3 SD, saya berjalan kaki dari halte bis sekolah ke rumah. Jarak sekitar 2 km dan dijalani saat pergi dan pulang sekolah. Waktu banjir, saya tetap berjalan tanpa membuka sepatu. Sampai di rumah, saya disebut tenggen alias gila. 😰

Kesan pertama sebagai anak kecil, pasti sedih. Tapi setelah waktu berlalu, saya mulai tenggen beneran. Dari tidak pernah masuk ranking 10 besar di kelas 1 - 3 SD, jadi ranking 2 saat naik ke kelas 5 SD. 🤗

Gila berlanjut sampai saya tamat SMA.
Hal yang sama terjadi saat saya kuliah. Karena pengajar yang dihadapi unik, jadi tingkat stress mahasiswa cukup variatif. 

Sampai ada istilah yg berkembang. Kalau mau lulus dari jurusan ini, harus gila dikit.
Kalau udah gila dikit, trus dihantam tekanan baru, paling gilanya nambah dikit.
Tapi kalau berusaha waras dan melawan arus, saat urat otak sudah tidak kuat menahan, bisa langsung gila beneran. 😱

Saya termasuk salah satu yang berubah jadi gila dikit. Saat ada mata kuliah yg sekali ambil, langsung lulus, saya biasa aja. Demikian juga saat ada mata kuliah yang harus diambil 4 x baru bisa lulus, saya juga biasa aja. Loh koq bisa? Kan saya udah gila dikit.😄

Karena pernah 4 x ambil satu mata kuliah baru lulus, saya sudah tdk khawatir kalau ada yg 2 x atau 3 x baru lulus. 😂 Dengan kegilaan yang ada, selama kuliah saya melakukan adjustment target. 5 besar tdk tercapai, saya ubah target jadi 15 besar. Gagal juga, saya ubah target jadi 50 besar. Baru berhasil. (Kalau tdk salah 🤔).

Kalau gagal pun tidak apa2. Karena dari ukuran badan, saya sudah masuk 5 besar di angkatan saya.
Yah begitulah saya dulu. Ngalir aja kayak air di permukaan yang miring. 

Kalau saya tidak tenggen saat SD, atau saya tidak gila dikit saat kuliah, mungkin saya tidak seperti sekarang ini. 

Sekarang saya bisa atur, kapan harus waras, kapan harus kumat gilanya.
That's what makes my life interesting !!!
Bangga jadi diri sendiri 😎
Oleh : Narasumber
Sumber : Link Sumber

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR

Lebih baru Lebih lama